Bali United Diyakini Lebih Kuat dengan Lilipaly

Bali United Diyakini Lebih Kuat dengan Lilipaly
Stefano Lilipaly saat berseragam SC Cembuur. (Foto: dijksfotografie.com)

TOTALOLAHRAGA.com – Madura United momok buat Bali United. Enam kali Serdadu Tridatu dibikin rontok dari 11 bentrok, termasuk di putaran I. Kini, setelah Stefano Lilipaly bergabung, mereka lebih siap buat menohok sang momok.

Widodo Cahyono Putro, pembesut Bali United, sempat pening. Ia kehilangan Marco Flores yang biasa beroperasi di lini tengah. Padahal, laga pada pekan 19 Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 sangat vital sekaligus krusial. Skuatnya meladeni Madura United, Minggu (13/8).

Kendati tampil di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali United tak lantas di atas angin. Itu karena Madura United kerap jadi perintang jalan Bali United. Di 5 pertemuan terakhir, hanya sekali Bali United bisa bekuk Madura United. Rapor totalnya pun jomplang.

Dari 11 kali berhadapan, Madura United dominan dengan 6 kemenangan dan 2 hasil imbang. Kemenangan terkini dibukukan pada laga pembuka putaran I di kandang. Bali United dilibas 2-0 berkat gol Bayu Gatra Sanggiawan di menit 33 dan penalti Peter Odemwingie (73).

Kekalahan itu berujung getir bagi Bali United. Dalam pacu kuda perebutan gelar juara paro musim, mereka dan Madura United bersaing ketat. Sama-sama mengoleksi 32 poin dari 17 laga.

Itu memang tak berarti kiamat. Perjalanan menuju takhta permanan Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 masih panjang. Masih tersedia 16 laga di depan yang dapat diberdayakan. Tapi, jalan yang harus dilewati berliku dan penuh onak. Butuh etos, fokus, dan energi khusus.

Makin tak mudah bagi Widodo dan skuatnya lantaran mereka tersandung di awal putaran II. Rabu (9/8) di Stadion Mandala, Irfan Bachdim dkk kalah 1-3 dari Persipura Jayapura. Kekalahan itu mementahkan upaya mereka buat terus menempel Madura United di puncak.

Sylvano Comvalius, bomber Bali United, memang tokcer. Jaringkan 14 gol, termasuk gol di penujung laga tandang kontra Persipura, ia kini memimpin klasemen top skor. Ia kangkangi Odemwingie, pengoleksi 13 gol. Tapi, itu belum cukup buat Bali United.

Dengan 32 poin di tangan dari 18 laga, Bali United turun ke urutan 4. Serdatu Tridatu terpaut 3 angka dari Madura United yang bercokol di puncak. Juga di bawah PSM Makassar, Persipura, dan Bhayangkara FC meski ke-3 rival itu masih dalam jangkauan mereka.

Widodo, pasti, tak mau lagi skuatnya tergelincir. Sukses besar seperti ketika melahap PSM 3-0 siap diulang di Gianyar. Kekalahan 0-2 di putaran I siap ditebus, dominasi Madura United di 11 bentrok sebelumnya siap dikikis. Demi kembali tempel Madura United, Comvalius bakal gahar.

Bukan perkara gampang. Apalagi, Mario Gomes de Olivera dan skuatnya datang dengan modal positif. Di pekan 18, Madura United hajar Persela Lamongan 2-1. Widodo tahu itu. Tapi, merapatnya Lilipaly bersitkan harapan. Kepeningan berlalu, ia yakin skuatnya mampu menohok sang momok. (**)