PSSI Siapkan Divisi Pendekatan ke Suporter Klub Indonesia

PSSI Siapkan Divisi Pendekatan ke Suporter Klub Indonesia

TOTALOLAHRAGA.com – Kasus kekerasan seperti perkelahian dan penganiayaan supporter dalam pertandingan sepak bola menjadi perhatian yang serius bagi PSSI. Untuk mengurangi potensi kasus kekerasan, PSSI sedang menyiapkan divisi khusus untuk pendekatan fans dan komunitas sepak bola Indonesia.

“PSSI mengetahui bahwa perhatian terhadap fans di Indonesia perlu mendapatkan porsi khusus. Di dalam unit kerja PSSI saat ini ada divisi khusus area fans dan community engagement yang secara langsung akan bertindak untuk mengatasi hal-hal dan kejadian sekitar fans dan pendukung sepak bola Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Ditambahkan, masalah supporter memang bukan urusan yang mudah. Ini merupakan pekerjaan rumah yang cukup menantang dalam sepakbola Indonesia, yang irisannya dengan aspek sosio-kultural bangsa.

Kasus penganiayaan supporter dalam laga Persib Bandung versus Persija pada gelaran kompetisi Gojek Traveloka Liga 1  di Bandung beberapa waktu lalu sangat memprihatinkan. Bentrokan terjadi dan salah satu suporter Persib bernama Ricko Andrean yang disinyalir menjadi korban miskomunikasi antar sesama pendukung. Korban sempat kritis dan tidak sadarkan diri sebelum akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Santo Yusup, Bandung, Kamis (27/7).

“Saya secara pribadi dan sekaligus mewakili PSSI sangat prihatin akan insiden yang terjadi. Semoga kasus seperti ini tidak terulang lagi. Duka mendalam untuk saudara Ricko Andrean. Semoga keluarganya diberikan kekuatan dan ketabahan,” kata ungkap Tisha.

PSSI juga berharap para supporter sepak bola Indonesia harus lebih dewasa, santun dan tidak mudah terpancing untuk berbuat anarkis. Sepak bola harus dijadikan tontonan yang menarik dan menghibur, sekaligus merepresentasikan nilai-nilai sportivitas. PSSI pun akan bekerja keras bersama stake holder sepak bola lainnya untuk bisa mengatasi masalah ini.

Terkait dengan kasus di Bandung ini. Komite Disiplin PSSI sedang bekerja mengumpulkan informasi dan bukti-bukti. Hasil keputusan sidang Komisi disiplin PSSI akan segera diumumkan secepatnya dan semoga ini akan menjadi pelajaran buat semua klub dan supporter sepak bola di Indonesia. (**)